漢字

Tentang pelajaran nihongo saya
私の日本語の 授業

Sekarang totalnya sudah 3 kali pertemuan, 2x dengan エルウィン 先生 dan 1x dengan イルマ 先生 yang total jamnya adalah 5,5 jam di I'MC

Nah, waktu pertama kali masuk, saya sempat shock, karena sudah 3 minggu lamanya tidak les, dan belajar asal-asalan, yaaa ditanyain sih sama senseinya mau belajar mulai awal atau gimana?
Karena kemarin saya sudah sampai bab 12, sayang kalau ngulang dari awal, jadi saya memutuskan untuk continue saja kebelakang, sambil kalau ada yang lupa barulah diulang...

Langsung saja, kita ke kelas, dan....
Listening Σ(゚д゚lll)Σ(゚д゚lll)Σ(゚д゚lll)Σ(゚д゚lll)

ASTAGA!

Selama les kurang lebih 15 pertemuan sebelumnya, hanya 1 atau 2 kali listening, jadi ini hal yang baru dan masih sulit menurut saya :(

Banyak kata-kata yang saya belum paham, lupa, bahkan tidak tahu bahwa kata-kata itu ada (*゚◇゚)
Walaupun alhamdulillah kalau secara keseluruhan lumayan nangkep, cuman gak tau detilnya apa...

Misalnya, mereka berbicara tentang cuaca, makanan, mobil, saya bisa bedakan, saya bisa kenali, tapi untuk kata dan ungkapan apa saja tepatnya yang mereka pakai, ehem....
ごめんなさい(ToT) belom paham.....

Beruntungnya senseinya baik, sabar pula, jadi saya nggak merasa termehek-mehek deh akhirnya....

Oh iya, jadi beberapa pelajaran barunya itu secara umum ada di bab 12 semua, dan beberapa di bab 11, 9, 8, dan 4 as well...

Kata sifat, lampau, negatif, negatif lampau
Misalnya : あつい / 暑い / atsui / panas untuk weather
Lampau jadi あつかった / 暑かった / atsukatta
Negatif jadi あつくない / 暑くない / atsukunai
Negatif lampau jadi あつくなかった / 暑くなかった / atsukunakatta

Jadi, khasnya, i di belakang dihilangkan

Nah, bahasan lain misal,
Mau dibuat kalimatnya seperti ini : Bahasa Jepang itu sulit namun menyenangkan
Bahasa ご / 誤 go
Jepang にほん / 日本 nihon
Sulit むずかしい / 難しい muzukashii
Menyenangkan たのしい / 楽しい tanoshii

Kalau digabung, kita juga perlu partikel lain yaitu は dibaca wa, menerangkan subject, lalu が ga, ini partikel petunjuk untuk kata sifatnya, yang di akhir kalimat sebagai penegasan yaitu です desu.

日本語 は 難しいですが 、楽しいです。

Nihongo wa muzukashii desu ga, tanoshii desu.

Nah, ini salah satu yang kami bahas tentang が

Selain itu, kita juga bahas bagaimana untuk membandingkan
Misalnya kalimat : Bahasa Jepang lebih sulit dari bahasa Inggris

Kata tambahan :
より yori : dari
英語 eigo : bahasa Inggris

日本語は 英語 より難しいです。

Nihongo wa eigo yori muzukashii desu.

Begitu, lalu kita membahas hal-hal lain yang masih menyangkut bab itu...

Bahkan membahas bedanya denki dengan tenki kalau tau kanjinya jelas beda, tulisannya, tapi dengarnya mirip euy...

電気 denki でんき : cahaya, listrik
天気 tenki てんき : cuaca

#tsah....

Dan karena judul post ini kanji, maka saya akan buat report kanji yang sudah hafal lancar baca tulis kunyomi onyomi you name it lah...

Yaitu :








Itu nama hari sih....belajar yang buat kalender itu, tapi rootnya beda-beda...on dan kun nya juga beda-beda....

Dan yang paling sulit menurut saya...
Menulis 水
Really.....

Reminds me a lot to 水嶋ヒロ

Hahahaha (≧∇≦)(≧∇≦)(≧∇≦)

Wish me a good luck on my 日本語能力試験
My nihongo nouryoku shiken or...JLPT!

がんばる٩(๑´3`๑)۶

posted from Bloggeroid

Popular Posts